Rabu, 19 Oktober 2011

Kidal

Syihab sepertinya memang kidal, semua hal ingin dia lakukan dengan tangan kiri, menulis juga lebih lihay bila menggunakan tangan kiri. Tapi ini bukan berarti makan dan minum juga bisa dengan tangan kiri ya..... Tetap harus dengan tangan kanan.


Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “janganlah kalian makan dengan tangan kiri karena syaitan itu juga makan dengan tangan kiri.” (HR Muslim no. 2019) 

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika salah seorang diantara kalian hendak makan maka hendaknya makan dengan menggunakan tangan kanan, dan apabila hendak minum maka hendaknya minum juga dengan tangan kanan. Sesungguhnya syaitan itu makan dengan tangan kiri dan juga minum dengan menggunakan tangan kirinya.” (HR Muslim no. 2020) 

Imam Ibnul Jauzi mengatakan, “karena tangan kiri digunakan untuk cebok dan memegang hal-hal yang najis dan tangan kanan untuk makan maka tidak sepantasnya salah satu tangan tersebut digunakan untuk melakukan pekerjaan tangan yang lain.” (Kasyful Musykil, hal 2/594)

Kalau untuk menulis atau menggambar boleh lah kalau mau pakai tangan kiri, toh ngga ada larangan kan..... atau perintah untuk menulis harus dengan tangan kanan ..... Allahu'alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar