Rabu, 19 Oktober 2011

Doktrin

Tidak ada cara lain selain memberi doktrin kepada anak-anak kami , apalagi yang masih kecil-kecil ini. Doktrin tentang Allah, tidak banyak memang, tapi semoga ini merupakan langkah awal yang semakin lama semakin emantapka tauhid dalam diri anak-anak kami, hingga mereka menjadi hamba Allah yang ber iman dan bertaqwa. Aamiin.


Biasanya dilakukan di saat waktu makan.
Isi doktrinnya adalah:


" Siapa yang memberi ...( nama anak ) makan ? "  langsung kami sebutkan " Allah "
" Siapa yang memberi ... (nama anak ) minum ? "  langsung kami sebutkan " Allah "
 " Allah ada dimana ? "  langsung kami sebutkan " Allah ada di atas "

Dilain kesempatan kalimatnya di tambah dengan " " Siapa yang memberi ...( nama anak ) makan ? "  atau baju, pokoknya hal-hal sederhana yang mereka pahami saja.
Kemudian juga dikatakan kalau Allah Mendengar ( sebut nama anak ), Allah Melihat ( sebut nama anak ), dst. Tidak banyak , tapi mengenai sesuatu yang dekat denga mereka.

Pernah suatu kali Mama tanya ( sebelumnya sudah di doktrinkan  bahwa kalau ( anak ) sholat, mengaji, berdoa, sayang mama, abah, adek kaka , maka Allah akan sayang ) : Kalau Saif san Syihab ) sholat Allah akan  ....? " Saif bingung mau jawab apa, tapi Syihab dengan lantang berkata  " Cinta "

Masya Allah.



رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

ROBBANA HAB LANA MIN AZWAJINA WA DZURRIYATINA QURROTA A’YUN, WAJ’ALNA LILMUTTAQINA IMAMAA.” 
(Wahai Robb kami, karuniakanlah pada kami dan keturunan kami serta istri-istri kami penyejuk mata kami. Jadikanlah pula kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa) (QS. Al Furqon:74)

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي

ROBBI AWZI’NI AN ASYKURO NI’MATAKALLATI AN ‘AMTA ‘ALAYYA. WA ‘ALA WAALIDAYYA WA AN A’MALA SHOLIHAN TARDHOH, WA ASHLIH LII FI DZURRIYATIY” 
(Wahai Robbku, ilhamkanlah padaku untuk bersyukur atas nikmatmu yang telah Engkau karuniakan padaku juga pada orang tuaku. Dan ilhamkanlah padaku untuk melakukan amal sholeh yang Engkau ridhoi dan perbaikilah keturunanku) (QS. Al Ahqof:15)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar