Jumat, 30 Desember 2011

Saif Tidak Pernah Mencela Makanan

Ini adalah salah satu  sikap Saif yang sangat kami kagumi. Tanpa pernah mengetahui hadist ini : Disebutkan didalam hadits Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, beliau berkata : “ Tidaklah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mencela makanan sekalipun juga. Apabila beliau menghendaki suatu makanan maka beliau akan memakannya dan apabila beliau tidak menyukainya maka beliau meninggalkannya “ [  HR. Al-Bukhari ( 5409 ) , Muslim ( 2064 ), ahmad ( 9882 ), At-Tirmidzi ( 2031 ), Abu Daud ( 3763 ), Ibnu Majah ( 3259 ) dan Al-Baghawi didalam Syarh As-Sunnah ( 2843 )] Saif sudah mengamalkannya.


Dia suka makan, tapi sangat pemilih, suka ayam dan telur, sekarang mulai suka daging, tapi ga suka dengan ikan, bahkan kalau lihat ikan sudah matang di piring, di sajikan saat dia akan makan, dia akan menangis sedih, mungkin takut kalau-kalau nanti disuruh makan ikan (  itu dulu....sekarang sudah mulai mau sedikit-dikit mencicipin, tapi masih belum mau makan dengan lauk ikan ). Tapi biarpun begitu dia tidak pernah mengatakan kalau ikan itu tidak enak. Kalau ditawarkan dia hanya bilang : " Saif ga mau " atau " Saif kenyang ". Begitu terhadap semua jenis makanan atau minuman. 


Kadang suka kasian melihat Syihab yang suka gangguin, Syihab memaksa Saif untuk makan apa yang dia suka,  Saif sampai lari kesana-kemari menghindar. kalau sampai Syihab berhasil, Saif bisa-bisa sampai muntah. tapi dia tetap tidak mengatakan tidak enak, hanya bilang " Saif ga mau "
Baarakallaahu fiih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar